Pada tahap keempat, untuk kasus pembelian perumahan, loyalitas ditunjukkan dengan tingkat pelunasan yang tinggi. Berbeda dengan skema pembayaran cicilan bank, skema syariah yang digagas pada waktu itu berhasil nenurunkan tingkat gagal bayar. Artinya karena benefit skema yang ditawarkan mampu menjawab kendala-kendala selama proses pembayaran cicilan dan pelunasan.
Tahap kelima, bahkan tak jarang beberapa dari pelanggan perumahan merekomendasikan keluarga hingga koleganya untuk mengambil skema pembelian rumah seperti ini. Ada juga yang karena benefit yang ditawarkan lebih baik, pada akhirnya mereka rela menjadi tenaga marketing yang secara profesional mendapatkan upah atas penjualan rumah. Inilah titik dimana pasca loyalitas, customer akan menjadi advokat bagi produk dalam suatu brand.
Kesimpulan
Apa yang dimaksud customer journey ternyata penting untuk diketahui. Customer Journey memiliki peran penting dalam strategi bisnis, karena memahami perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir membantu perusahaan mengambil keputusan yang tepat, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan Customer Journey secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, dan menciptakan keunggulan kompetitif di pasar yang semakin kompetitif.