Mau Tahu Produk Yang Laris Di FB Ads? Ini Cara Riset dan Testingnya

Punya produk winning adalah impian semua advertiser. Produk winning inilah yang disebut sebagai produk yang laris di FB Ads. Tapi, menemukan, menguji sampai validasi produk laris membutuhkan kesabaran, keuletan dan yang paling penting adalah dana iklan yang memadahi. Bagaimana caranya? Baca artikel sampai habis penjelasan penyebab produk laris, cara riset dan uji coba iklan sampai ketemu produk winningnya.

Faktor Penentu Produk Laris / Winning

Suatu produk bisa laris di FB Ads itu bukan tiba-tiba dan bukan tanpa rencana. Setidaknya ada beberapa faktor pendukung yang bisa disimak sebagai berikut.

1. Targeting Yang Tepat

Sebagus dan seunik apapun produk anda, tidak akan laris bahkan ekstrimnya tidak laku jika iklan anda tidak ditujukan kepada orang yang tepat. Ada beberapa cara menarget orang yang tepat, selengkapnya ada dibagian uji coba iklan dan validasi produk laris.

2. Coprywriting dan Visual Yang Menarik

Gunakan bahasa iklan yang singkat dan langsung menjelaskan manfaat produk yang dijual. Tambahkan elemen visual yang mendukung, bisa berupa foto maupun video agar user langsung sadar dengan manfaat produk.

3. Buat Penawaran Menarik

Penawaran di sini adalah sesuatu atau value lebih yang diberikan ketika orang membeli produk yang diiklankan. Usahakan value ini tidak dimiliki oleh kompetitor, sehingga calon pembeli memiliki pertimbangan keputusan pembelian yang lebih baik.

4. Landing Page Optimal

Landing page adalah halaman yang akan menjelaskan product knowledge produk anda, sehingga ketika orang tertarik untuk membeli mereka setidaknya sudah mengetahui produk apa yang akan didapatkan. Landing page yang cepat akan mampu segera menampung visitor tanpa kendala dan meningkatkan peluang terjadinya pembelian. Kami bisa membantu anda membuat landing page yang optimal dengan harga terjangkau.

5. Testing dan Optimasi

Lakukan pengujian terhadap konten iklan, karena pada saat menyeting targeting, beda audiencenya berbeda pula konten iklan yang diminati. Analisa hasil testing iklan dengan melihat faktor-faktor seperti CTR, CPC, CPM, CPR (cost per result), CPA (cost per acquisition), Conversion Rate, dll. Cara mengoptimalkan iklan bisa simak video saya tentang KPI iklan di channel youtube.

6. Timing Yang Tepat

Timing ini juga salah satu faktor paling berpengaruh penyebab produk yang laris di fb ads. Contoh saja ketika mendekati lebaran, produk laris adalah fashion (bisa baju lebaran, sandal, dll), tiket mudik, bisa juga kue lebaran. Di momen ini, orang akan cenderung menghabiskan dana untuk belanja kebutuhan lebaran, sehingga produk-produk seperti kelas online, jasa servis, atau produk herbal sangat dimungkinkan mengalami penurunan. Pertimbangkan untuk meluncurkan kampanye iklan di saat momen yang tepat agar produk laris.

7. Brand Trust & Social Proof

Terakhir tapi yang tidak kalah penting adalah brand trust dan social proof. Sebagai gambaran saja, harga per leads jasa pembuatan website yang pasarnya sudah jenuh bisa mencapai 30 – 50 ribu. Tapi salah satu klien kami, mysch.id yang merupakan jasa pembuatan website sekolah, telah mempunyai branding yang kuat sebagai jasa pembuatan website khusus sekolah. Mereka mendapat biaya per lead hanya 12 ribu saja. Ini karena orang sudah mengenal brand ini spesialis dalam membuat website sekolah, sehingga orang lebih percaya dan lebih mudah konversi.

brand trust menurunkan harga cpl iklan

Cara Riset Produk Yang Laris Di FB Ads

Di sini saya hanya akan menyampaikan cara riset produk laris di FB Ads melalui fitur Ad Library. Untuk cara riset yang lain mungkin akan dibahas pada artikel lain. Cara riset via Meta Ad Library sangat mudah, begini caranya:

cara riset produk yang laris di fb ads melalui meta ads library
  1. Buka url meta ad library.
  2. Pilih ‘All Ads’
  3. Ketik kata kunci produk yang akan diriset, misal ‘vertigo’, lalu tekan ‘Enter’
  4. Akan muncul hasil pencarian beserta jumlah iklan yang tayang saat itu
hasil pencarian iklan via meta ads library

Pada tangkapan layar di atas, ada 730 iklan ditemukan yang berhubungan dengan produk untuk sakit vertigo. Semakin banyak jumlah iklan yang ditemukan artinya pasarnya ada semakin banyak. Ini bisa jadi indikasi produk yang laris di fb ads. Tinggal langkah selanjutnya perlu kita uji coba dan validasi produk seperti ini dengan melakukan teknik testing.

Cara Uji Coba Iklan Dan Validasi Produk Yang Laris Di FB Ads

funneling iklan meta uji coba iklan

Untuk menguji coba kampanye iklan produk laris atau biasa disebut A/B testing campaign, lakukan uji coba pada 3 segmen funnel iklan:

  1. Ad creative (Ad copy, image maupun videonya)
  2. Landing page copy writing
  3. Script Follow up CS

Jika nilai CTR, CPC dan CPM di rasa terlalu tinggi, anda bisa mengubah ad creativenya. Coba ubah ad copy, ad image maupun video ad nya. Ganti dengan ad creative yang lebih singkat dalam menjelaskan manfaat produk, atau bisa berupa video demo dan testimoni pelanggan.

Jika nilai OCLP web dan LP Conversion kecil, silahkan lakukan perubahan pada landing page. OCLP kecil artinya website anda perlu perbaikan kecepatan akses. LP Conversion kecil, artinya anda perlu ubah copywriting landing page, atau ubah penawaran produknya.

Jika rate konversi pembeliannya kecil, cobalah training sales atau CS anda dengan teknik closing atau dibuatkan sales scriptnya, sehingga calon pembeli kebelet transfer.

Semua metric penting iklan fb ads di atas perlu anda pahami berapa KPI dasarnya dan apa dampaknya bagi iklan. Sehingga anda bisa lakukan optimasi yang pada akhirnya akan dapat memvalidasi apakah produk yang sedang anda iklankan memang produk yang laris di fb ads.

Kesimpulan

Produk yang laris di fb ads itu tergantung banyak faktor. Untuk memvalidasi apakah suatu produk itu bakal laris atau tidak dibutuhkan metode uji coba dengan iklan. Dengan pengetahuan tentang metric iklan fb ads, anda bisa memvalidasi produk anda laris atau tidak. Sehingga bisa diambil keputusan akan scale up iklan atau ganti produk. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *