Apakah Anda pernah mendengar istilah marketing funnel? Marketing funnel adalah suatu konsep yang cukup umum diterapkan di dunia pemasaran. Konsep marketing ini menggambarkan sebuah perjalanan yang harus dilalui oleh seorang pembeli. Perjalanan ini dimulai dari awal ketika ia belum mengenali suatu produk hingga pada akhirnya ia menjadi pelanggan untuk produk tersebut.
Bagi seorang pebisnis atau marketer, marketing funnel pastinya adalah konsep yang sangat penting. Konsep tersebut bisa dijabarkan lebih luas lagi untuk memahami bagaimana seorang calon konsumen yang masih awam akhirnya bisa menjadi pelanggan setia Anda. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai marketing funnel, simak ulasan berikut ini.
Mengapa Disebut Marketing Funnel?
Marketing funnel terbagi menjadi 5 tahapan, yaitu awareness (kesadaran), interest (minat), consideration (pertimbangan), decision (keputusan), dan action (tindakan). Tahapan tersebut adalah gambaran bagaimana seorang pembeli yang awalnya tidak tahu menahu mengenai keberadaan suatu barang, hingga akhirnya aware akan keberadaan barang tersebut. Selanjutnya ia memiliki minat, pertimbangan, mengambil keputusan, dan kemudian melakukan tindakan berupa pembelian.
Tentu saja, untuk membuat calon pembeli beranjak dari satu tahapan ke tahapan lainnya bukan hal yang mudah. Ketika Anda pada awalnya menerapkan teknik marketing ini pada 1000 orang, misalnya. Maka, jumlah tersebut akan berkurang dari satu tahapan ke tahapan yang lain. Jumlah yang akhirnya membeli barang Anda juga akan jauh lebih sedikit.
Your ability to demystify complex subjects impresses me. Keep up the brilliant work.