Apakah yang dimaksud dengan tahapan marketing funnel? Marketing funnel sendiri merupakan sebuah konsep marketing holistik dimana seorang pembeli digambarkan melalui perjalanan dari awam mengenai suatu produk hingga akhirnya mau membelinya. Tentu saja, si pembeli itu tidak serta merta mau membeli produk yang tidak diketahui sama sekali. Ada beberapa tahapan yang harus ia lewati hingga akhirnya membeli suatu produk atau bahkan menjadi pelanggan setia untuk produk tersebut.
Setiap tahapan dalam marketing funnel sangat penting. Selain itu, tahapan-tahapan tersebut juga saling berkaitan satu sama lain sehingga tidak boleh ada satu pun yang terlewati. Tentu saja, apabila setiap tahapan ini dioptimalkan dengan baik, memperoleh banyak pelanggan bukan hal yang mustahil. Lalu, apa sajakah tahap-tahap tersebut? Ini penjelasannya.
Awareness (Kesadaran)
Tahap pertama dalam marketing funnel adalah awareness atau kesadaran. Dalam tahap ini, seseorang yang pada mulanya tidak tahu mengenai keberadaan suatu produk akhirnya bisa mengetahuinya. Cara marketing yang tepat misalnya melalui iklan, sosial media, membagikan brosur dan lain sebagainya.
Interest (Minat)
Tahap yang kedua adalah minat atau Interest. Ketika seseorang pada akhirnya menyadari adanya suatu produk, maka strategi marketing berikutnya adalah bagaimana caranya agar orang tersebut tertarik dengan produk yang ditawarkan. Caranya adalah dengan memberikan pengemasan yang menarik terhadap iklan yang dibuat tadi. Bisa juga, dengan memberikan informasi yang menarik sekaligus akurat melalui iklan atau laman promosi di sosial media Anda.