fbpx

Memahami Strategi Marketing: Pengertian dan Jenisnya, Simak Berikut!

adminproj

strategi marketing

Jika Anda ingin memulai usaha, pemilihan strategi marketing harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena strategi pemasaran akan berkaitan akan berpengaruh terhadap daya jual sekaligus kegiatan branding. Ini juga akan berpengaruh terhadap perusahaan agar dapat berkembang lebih bagus lagi. 

Mempunyai bisnis atau usaha sendiri memang menjadi keinginan bagi setiap orang. Sebab ketika mempunyai usaha sendiri, maka akan lebih mudah menjalankannya sesuai dengan keinginan. Hanya saja, menjalankan usaha ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik termasuk penggunaan strategi marketing produk yang tepat. Bahkan bisa dibilang bahwa ini menjadi elemen yang sangat penting sehingga pihak perusahaan harus menyediakan divisi pemasaran secara khusus. Agar Anda semakin paham dengan strategi yang hendak dipilih, maka silahkan simak ulasannya di bawah. 

Apa Itu Strategi Marketing 

Strategi marketing adalah sebuah rangkaian program dimana dilakukan oleh pihak perusahaan agar dapat menjangkau target pasar serta mengubah mereka agar menjadi konsumen bisnis Anda. Hal tersebut ternyata berlaku baik untuk sebuah jasa atau produk dari sebuah bisnis. Sedangkan strategi marketing menurut beberapa ahli juga terdapat pengertiannya tersendiri. 

Misalnya saja menurut Kurtz, strategi pemasaran adalah sebuah program menyeluruh di dalam sebuah usaha ataupun perusahaan agar dapat menentukan target pasar serta memuaskan pembeli. Biasanya hal tersebut akan dilakukan dengan cara mengombinasikan berbagai elemen produk seperti pemasaran campuran, promosi ataupun harga.  Sederhananya, ini merupakan sebuah upaya di dalam memasarkan sebuah produk dengan cara memanfaatkan pola tertentu. 

Apa Saja Tujuan dari Strategi Pemasaran 

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin sudah dapat memahami bagaimana pengertian dari strategi tersebut. Di samping itu, strategi tersebut bukan hanya dibuat saja, tetapi juga mempunyai sejumlah tujuan. Di bawah ini adalah sejumlah tujuan dari strategi pemasaran yang perlu diketahui:

  1. dapat membantu untuk membangun citra dari sebuah brand atau reputasi mereka
  2. bisa membantu untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya perusahaan
  3. dapat memperoleh target pasar atau konsumen lebih spesifik sesuai kebutuhan 
  4. meningkatkan pertumbuhan perusahaan 
  5. bisa membantu membuat konsumen puas dengan layanan 
  6. dengan penggunaan strategi tepat, Anda bisa selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor 
  7. dapat membantu menghasilkan adanya keuntungan maksimal. 

Jenis Strategi Pemasaran 

Kalau berbicara mengenai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan, maka pilihannya ada banyak. Disinilah pemilik usaha bisa dengan bebas memilih jenis strategi sesuai dengan kebutuhan. Nah, daripada penasaran apa sajakah jenis strategi marketing, maka silahkan simak ulasannya di bawah ini. 

1. Iklan Berbayar 

strategi marketing iklan berbayar

Contoh strategi marketing yang pertama adalah iklan berbayar ini dimana banyak digunakan oleh pemilik perusahaan. Ketika Anda menggunakan strategi ini,, maka diharuskan membayar penyedia ruang iklan dahulu. Hal tersebut supaya bisa memperlihatkan produk di ruang yang sudah dibayarkan. 

Harga yang harus dibayarkan oleh pihak perusahaan biasanya akan berbeda dan bisa melalui proses negosiasi juga. Jenis iklan ini sendiri ternyata terdiri dari beberapa jenis seperti banner, pay per click hingga pay per impression. Dengan menggunakan iklan berbayar ini ternyata cukup efektif dalam memberikan keuntungan. 

2. Pemasaran Media Sosial 

strategi marketing sosial media

Jika Anda mencari strategi marketing untuk pemula, maka pemasaran melalui sosial media ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Pemasaran jenis ini ternyata sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat baik usaha kecil ataupun besar. Hal itu bukan tanpa alasan karena sosial media sudah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan masyarakat. 

Pemasaran dengan memanfaatkan media ini terbilang sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan lainnya. Bahkan Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran tetapi ada peluang keuntungan besar. Meskipun begitu, Anda perlu mempunyai skill dan pengetahuan mengenai platform media sosial yang akan digunakan. 

3. Pemasaran Dengan Teknik SEO

Strategi pemasaran SEO masuk ke dalam strategi marketing online karena memang masuk ke dalam dunia digital ini. SEO sendiri adalah sebuah proses dimana situs bisa memperoleh trafik. Trafik dapat berasal dari pencarian organik ataupun pencarian bebas di dalam sebuah search engine. 

Untuk menerapkan strategi pemasaran satu ini, maka harus memperhatikan bagaimana kualitas konten yang akan diposting. Pastikan bahwa konten tersebut telah memenuhi standar SEO sehingga mampu memperoleh posisi teratas dari sebuah search engine. Jika konten tersebut berada di halaman utama, maka kemungkinan besar akan mendapatkan trafik tinggi juga. 

4. Strategi AIDA

strategi marketing aida

Strategi marketing AIDA mungkin masih terdengar cukup asing bagi sebagian besar orang. Jadi ini adalah sebuah strategi pemasaran yang mampu melakukan identifikasi tahapan kognitif agar seseorang bisa melakukan proses pembelian produk. AIDA sendiri merupakan kepanjangan dari awareness, interest, desire dan action. 

Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh model pemasaran ini seperti dapat menggambarkan pembelian dari calon konsumen cukup sederhana, mengidentifikasi kelebihan yang dimiliki oleh produk hingga membantu pemilik usaha dalam membuat konten. Tetapi strategi ini juga mempunyai kekurangan dimana proses pembelian dari seseorang dibuat cukup simpel. 

5. Public Relation Marketing 

Strategi marketing public relation atau dikenal dengan sebutan earned media merupakan sebuah publikasi dimana bisa diperoleh dengan berbagai cara. Sebagai contohnya adalah dengan melakukan pembicaraan dari mulut ke mulut. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan strategi ini dengan cara memberikan testimoni. 

Sederhananya, strategi pemasaran ini bisa didapatkan dengan cara organik alias tanpa melakukan pembayaran. Tidak heran kalau sebagian besar orang menyebutnya dengan sebutan strategi pemasaran gratis. Kendati demikian, kemampuan dalam berbicara harus dikuasai dengan baik sehingga dapat mencapai target pelanggan dengan mudah. 

6. Pemasaran Content 

Ini adalah jenis pemasaran yang sedang diminati oleh banyak pemilik usaha atau bisnis sekarang ini. strategi content marketing nantinya dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan konten relevan serta bernilai sehingga bisa menarik perhatian dari konsumen. Penerapannya akan memanfaatkan berbagai media elektronik. 

Pihak perusahaan biasanya tidak akan memberikan informasi secara langsung, tetapi justru memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Tujuannya adalah agar calon konsumen menaruh minat terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jenis pemasaran ini dapat digunakan untuk hampir semua jenis bisnis. 

7. Pemasaran Interaktif

Jenis pemasaran yang terakhir adalah pemasaran interaktif satu ini. di dalam prosesnya akan mengikutsertakan para konsumen. Itulah sebabnya, secara tidak langsung pihak konsumen mempunyai peran penting di dalam kegiatan pemasaran perusahaan. 

Contoh dari penerapan strategi pemasaran tersebut adalah dengan mencantumkan nama konsumen untuk strategi marketingnya. Metode tersebut juga akan memungkinkan para konsumen memperoleh informasi terbaru melalui sebuah produk. Itu akan membuat permintaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa akan semakin meningkat.

Kesimpulan

Mempunyai bisnis sendiri memang mengharuskan Anda agar harus tepat dalam menentukan strategi pemasarannya. Sebab memilih strategi tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan dari bisnis. Jadi pastikan Anda memilih strategi marketing yang tepat dan sesuai kebutuhan

Bagikan:

adminproj

Saya adalah seorang digital marketer, SEO specialist dan Meta Ads Specialist di salah satu perusahaan pengembang software di Temanggung Jawa Tengah. Sebelumnya pernah mengajar di sekolah swasta dan bimbingan belajar di Pondok Indah Jakarta Selatan, yang menambah pengalaman saya dalam menyampaikan materi dalam proses mengajar dan training

Leave a Comment