Ilmu pemasaran bisnis memang bisa dibilang cukup luas, misalnya saja strategi marketing public relation.Penggabungan antara ilmu pemasaran dan komunikasi hubungan masyarakat ini diyakini mampu menghasilkan laba lebih besar lagi dan menjangkau konsumen yang semakin luas. Namun, seperti apakah strategi marketing hubungan masyarakat ini? Cari tahu jawaban lengkapnya berikut ini!
Mengenal Marketing Public Relations
Hubungan antara pebisnis/perusahaan dengan masyarakat mestilah dijalin erat dan diharapkan berjangka panjang. Hal tersebut merupakan salah satu output dari penerapan marketing humas yang secara umum berusaha menghubungkan konsumen dengan perusahaan berkat penyebarluasan informasi, program yang ditawarkan, dan usaha perusahaan dalam mendengar, memenuhi keinginan, minat, kebutuhan konsumen.
Dalam penerapannya, bentuk marketing ini meliputi :
- Proses identifikasi pasar
- Membangun dan komunikasi nilai-nilai
- Memelihara hubungan relasi positif bersama pelanggan
Marketing Public Relation (MPR) adalah bentuk kegiatan terencana dan usaha kontinyu demi membangun itikad baik serta mendapat timbal balik positif di antara masyarakat dan organisasi. Cara ini terbilang efektif saat organisasi hendak membangun brand awareness (pengenalan) serta brand knowledge(pengetahuan) kepada masyarakat.