Strategi marketing produk yang tepat sangat penting dan diperlukan untuk kesuksesan promosi serta penjualan barang atau jasa. Melakukan strategi pemasaran produk bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, memenuhi target penjualan, hingga mendapatkan profit atau keuntungan. Berikut adalah jenis-jenis strategi marketing produk.
1. Point of Purchase
Point of Purchase (POP) merupakan strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan cara menempatkan iklan di dekat produk yang dipromosikan. Metode strategi ini paling umum digunakan oleh toko-toko retail. Point of Purchase bertujuan untuk membantu dan memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang akan dibeli.
Karena di toko retail umumnya menjual produk yang sama, namun dari banyak merk atau brand yang berbeda. Beberapa pelanggan mungkin kebingungan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat menggunakan strategi pemasaran ini, pegawai marketing atau sales dapat menggunakan kemampuan komunikasi mereka dengan memperkenalkan dan menjelaskan produknya berdasarkan iklan yang ditempatkan agar pelanggan tertarik untuk membeli.
2. Internet Marketing
Di dunia serba digital saat ini, Anda pasti sudah familiar dengan internet marketing. Dengan masifnya perkembangan internet dan teknologi saat ini, bisa dikatakan hampir semua pebisnis dan pelaku usaha menerapkan internet marketing. Dengan menggunakan internet, pelaku bisnis dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.
1 thought on “Jenis-Jenis Strategi Marketing Produk Yang Harus Pebisnis Ketahui”