Ilmu pemasaran bisnis memang bisa dibilang cukup luas, misalnya saja strategi marketing public relation. Penggabungan antara ilmu pemasaran dan komunikasi hubungan masyarakat ini diyakini mampu menghasilkan laba lebih besar lagi dan menjangkau konsumen yang semakin luas. Namun, seperti apakah strategi marketing hubungan masyarakat ini? Cari tahu jawaban lengkapnya berikut ini!
Mengenal Marketing Public Relations
Hubungan antara pebisnis/perusahaan dengan masyarakat mestilah dijalin erat dan diharapkan berjangka panjang. Hal tersebut merupakan salah satu output dari penerapan marketing humas yang secara umum berusaha menghubungkan konsumen dengan perusahaan berkat penyebarluasan informasi, program yang ditawarkan, dan usaha perusahaan dalam mendengar, memenuhi keinginan, minat, kebutuhan konsumen.
Dalam penerapannya, bentuk marketing ini meliputi :
- Proses identifikasi pasar
- Membangun dan komunikasi nilai-nilai
- Memelihara hubungan relasi positif bersama pelanggan
Marketing Public Relation (MPR) adalah bentuk kegiatan terencana dan usaha kontinyu demi membangun itikad baik serta mendapat timbal balik positif di antara masyarakat dan organisasi. Cara ini terbilang efektif saat organisasi hendak membangun brand awareness (pengenalan) serta brand knowledge (pengetahuan) kepada masyarakat.
Contoh Penerapan Marketing PR
Lalu, seperti apakah penerapan dari strategi marketing public relation pada umumnya?
1. Penerbitan press release
Pendekatan melalui kawan-kawan media adalah contoh umum dari kegiatan marketing PR yang dilakukan oleh organisasi. Mereka yang bekerja pada divisi tersebut menulis press release terkait layanan dan produk yang dirilis, pencapaian, agenda kegiatan untuk meminta bantuan media menayangkan, menyebarluaskan informasi melalui tulisan artikel.
2. Acara publik
Penerapan lain yang kerap dilakukan praktisi marketing PR adalah menghadiri acara publik, seperti pameran, festival dengan tujuan memperkenalkan produk atau jasa mereka, sekaligus usaha membangun citra perusahaan yang positif.
3. Program sosial
Program sosial juga tak jarang dijadikan langkah cerdas menggaet masyarakat umum, investor, dan konsumen. Perusahaan dapat berperan sebagai penyelenggara acara atau sponsornya.
4. Kolaborasi
Kolaborasi dengan selebriti maupun pemengaruh juga termasuk contoh penerapan strategi marketing PR yang punya dampak besar dalam menyebarkan informasi, promosi yang menarik perhatian pengikut mereka.
5. Interaksi media sosial
Contoh terakhir, berinteraksi dengan konsumen via media sosial juga dinilai penting dan mampu membangun brand awareness, meningkatkan citra baik mengenai perusahaan. Interaksi ini dapat dilakukan dengan pembuatan konten relevan, serta admin yang responsif dalam menanggapi setiap komentar konsumen.
Kesimpulan
Strategi marketing public relation adalah langkah pemasaran efektif lainnya yang kerap digunakan oleh perusahaan demi menjembatani hubungan yang positif dengan masyarakat, penyebaran informasi, membangun awareness publik, hingga mendapatkan pelanggan tetap. Penerapan marketing PR yang umum digunakan bisa dengan penerbitan siaran pers, penyelenggaraan acara sosial, festival, kolaborasi dengan pemengaruh, hingga interaksi langsung dengan konsumen via media sosial.




