Strategi marketing produk yang tepat sangat penting dan diperlukan untuk kesuksesan promosi serta penjualan barang atau jasa. Melakukan strategi pemasaran produk bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, memenuhi target penjualan, hingga mendapatkan profit atau keuntungan. Berikut adalah jenis-jenis strategi marketing produk.
1. Point of Purchase
Point of Purchase (POP) merupakan strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan cara menempatkan iklan di dekat produk yang dipromosikan. Metode strategi ini paling umum digunakan oleh toko-toko retail. Point of Purchase bertujuan untuk membantu dan memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang akan dibeli.
Karena di toko retail umumnya menjual produk yang sama, namun dari banyak merk atau brand yang berbeda. Beberapa pelanggan mungkin kebingungan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat menggunakan strategi pemasaran ini, pegawai marketing atau sales dapat menggunakan kemampuan komunikasi mereka dengan memperkenalkan dan menjelaskan produknya berdasarkan iklan yang ditempatkan agar pelanggan tertarik untuk membeli.
2. Internet Marketing
Di dunia serba digital saat ini, Anda pasti sudah familiar dengan internet marketing. Dengan masifnya perkembangan internet dan teknologi saat ini, bisa dikatakan hampir semua pebisnis dan pelaku usaha menerapkan internet marketing. Dengan menggunakan internet, pelaku bisnis dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.
Internet marketing dianggap sebagai salah satu jenis strategi pemasaran produk yang sangat efektif karena internet tidak terbatas oleh ruang dan waktu, serta digunakan oleh berbagai kalangan. Manfaatkan berbagai macam media sosial yang ada, mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, X, bahkan website dan email marketing.
Saat menerapkan internet marketing atau social media marketing, jangan lupa untuk membuat konten yang kreatif dan menarik sebagai promosi untuk menarik pelanggan.
3. Earned Media
Selanjutnya ada earned media yang juga merupakan jenis strategi marketing produk. Jenis strategi ini hampir sama dengan pemasaran media sosial, yaitu pelaku usaha atau pebisnis membangun brand dan image yang baik di media sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya mengadakan charity atau amal.
Selain membangun citra bisnis yang baik, pelaku bisnis juga harus mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, serta menjaga kepercayaan mereka agar mereka menjadi pelanggan yang loyal.
4. Direct Selling
Direct selling adalah strategi pemasaran dengan menjual produk secara langsung kepada pelanggan. Dengan kata lain, pegawai pemasaran atau penjualan mendatangi langsung pelanggan yang menjadi target market mereka. Pernah melihat Sales Promotion Girl (SPG) yang mendatangi Anda saat di mall untuk menawarkan parfum atau kartu kredit?
Inilah yang disebut dengan direct selling. Strategi pemasaran ini membutuhkan kemampuan persuasif yang baik. Karena tidak membutuhkan banyak modal, direct selling ini merupakan strategi marketing produk yang cocok untuk bisnis skala kecil.
1 thought on “Jenis-Jenis Strategi Marketing Produk Yang Harus Pebisnis Ketahui”