fbpx

5 Tahapan Marketing Funnel Wajib Diketahui Oleh Pebisnis dan Marketers

adminproj

tahapan marketing funnel

Apakah yang dimaksud dengan tahapan marketing funnel? Marketing funnel sendiri merupakan sebuah konsep marketing holistik dimana seorang pembeli digambarkan melalui perjalanan dari awam mengenai suatu produk hingga akhirnya mau membelinya. Tentu saja, si pembeli itu tidak serta merta mau membeli produk yang tidak diketahui sama sekali. Ada beberapa tahapan yang harus ia lewati hingga akhirnya membeli suatu produk atau bahkan menjadi pelanggan setia untuk produk tersebut.

Setiap tahapan dalam marketing funnel sangat penting. Selain itu, tahapan-tahapan tersebut juga saling berkaitan satu sama lain sehingga tidak boleh ada satu pun yang terlewati. Tentu saja, apabila setiap tahapan ini dioptimalkan dengan baik, memperoleh banyak pelanggan bukan hal yang mustahil. Lalu, apa sajakah tahap-tahap tersebut? Ini penjelasannya.

Awareness (Kesadaran)

Tahap pertama dalam marketing funnel adalah awareness atau kesadaran. Dalam tahap ini, seseorang yang pada mulanya tidak tahu mengenai keberadaan suatu produk akhirnya bisa mengetahuinya. Cara marketing yang tepat misalnya melalui iklan, sosial media, membagikan brosur dan lain sebagainya.

Interest (Minat)

Tahap yang kedua adalah minat atau Interest. Ketika seseorang pada akhirnya menyadari adanya suatu produk, maka strategi marketing berikutnya adalah bagaimana caranya agar orang tersebut tertarik dengan produk yang ditawarkan. Caranya adalah dengan memberikan pengemasan yang menarik terhadap iklan yang dibuat tadi. Bisa juga, dengan memberikan informasi yang menarik sekaligus akurat melalui iklan atau laman promosi di sosial media Anda.

Consideration (Pertimbangan)

Tahapan marketing funnel yang ketiga adalah pertimbangan atau consideration. Sangat wajar apabila calon pembeli mempertimbangkan apakah akan membeli produk yang baru dikenalnya atau tidak. Sangat wajar pula jika ia membandingkan produk Anda dengan produk serupa dari brand lainnya.

Strategi marketing yang paling tepat adalah dengan memberitahukan segala kelebihan yang dimiliki oleh produk Anda. Caranya adalah dengan melalui demo penggunaan produk. Demo produk saat ini tidak hanya dilakukan dari pintu ke pintu loh. Anda bisa pula membuat video produk kemudian mengunggahnya di laman website atau sosial media brand Anda.

Decision (Keputusan)

Bisa dikatakan jika tahap keempat ini adalah tahap paling penting pada marketing funnel. Ya, karena pada tahap inilah, si calon pembeli akan memutuskan apakah ia akan membeli produk Anda atau tidak. Tentu saja, kemungkinan untuk berpaling masih sangat tinggi apabila ia melihat produk yang tempat lebih menarik. Nah, pada tahap ini, gunakan strategi marketing berupa diskon atau voucher yang membuatnya yakin membeli produk Anda.

Action (Tindakan)

Action merupakan tahap akhir apakah si calon pembeli benar-benar membeli produk Anda. Anggaran ia membeli produk Anda, maka marketing tidak berhenti di sini karena selanjutnya, Anda harus menjadikannya pelanggan Anda. Untuk itu, selain semua strategi marketing yang dilakukan, pastikan jika produk Anda benar-benar bagus dan berkualitas. Kalaupun ia memutuskan untuk membeli produk Anda, maka yang selanjutnya adalah evaluasi, mengapa ia memutuskan demikian. Mungkin ada yang perlu diperbaiki dari tahapan marketing funnel Anda agar di lain waktu, pembeli mau memilih produk yang Anda tawarkan.

Bagikan:

adminproj

Saya adalah seorang digital marketer, SEO specialist dan Meta Ads Specialist di salah satu perusahaan pengembang software di Temanggung Jawa Tengah. Sebelumnya pernah mengajar di sekolah swasta dan bimbingan belajar di Pondok Indah Jakarta Selatan, yang menambah pengalaman saya dalam menyampaikan materi dalam proses mengajar dan training

Leave a Comment