Misalnya saja menurut Kurtz, strategi pemasaran adalah sebuah program menyeluruh di dalam sebuah usaha ataupun perusahaan agar dapat menentukan target pasar serta memuaskan pembeli. Biasanya hal tersebut akan dilakukan dengan cara mengombinasikan berbagai elemen produk seperti pemasaran campuran, promosi ataupun harga. Sederhananya, ini merupakan sebuah upaya di dalam memasarkan sebuah produk dengan cara memanfaatkan pola tertentu.
Apa Saja Tujuan dari Strategi Pemasaran
Dari penjelasan di atas, Anda mungkin sudah dapat memahami bagaimana pengertian dari strategi tersebut. Di samping itu, strategi tersebut bukan hanya dibuat saja, tetapi juga mempunyai sejumlah tujuan. Di bawah ini adalah sejumlah tujuan dari strategi pemasaran yang perlu diketahui:
- dapat membantu untuk membangun citra dari sebuah brand atau reputasi mereka
- bisa membantu untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya perusahaan
- dapat memperoleh target pasar atau konsumen lebih spesifik sesuai kebutuhanÂ
- meningkatkan pertumbuhan perusahaanÂ
- bisa membantu membuat konsumen puas dengan layananÂ
- dengan penggunaan strategi tepat, Anda bisa selangkah lebih maju dibandingkan kompetitorÂ
- dapat membantu menghasilkan adanya keuntungan maksimal.Â
Jenis Strategi Pemasaran
Kalau berbicara mengenai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan,maka pilihannya ada banyak. Disinilah pemilik usaha bisa dengan bebas memilih jenis strategi sesuai dengan kebutuhan. Nah, daripada penasaran apa sajakah jenis strategi marketing, maka silahkan simak ulasannya di bawah ini.