Memasarkan suatu produk atau jasa memang bukan hal yang mudah. Anda tentunya membutuhkan serangkaian strategi hebat untuk menjaring konsumen dan menjalin koneksi jangka panjang dengan mereka. Apakah pernah mendengar strategi marketing AIDA? Salah satu ilmu pemasaran ini populer digunakan para pebisnis dalam menarik pelanggan. Mari cari tahu selengkapnya berikut ini.
Mengenal Strategi AIDA
AIDA merupakan jenis strategi pemasaran yang merujuk dari kata Attention(Perhatian), Interest(Minat), Desire(Keinginan), Action(Aksi). Bentuk strategi ini dinilai mampu identifikasi tahap demi tahap kognitif konsumen dalam melakukan pembelian layanan maupun produk. Strategi cerdas ini pertama kalinya diterapkan oleh seorang pebisnis sekaligus advokat periklanan, Elias St. Elmo Lewis tahun 1899.
Kala itu, Lewis mendiskusikan bagaimana cara untuk menarik publik saat diberikan informasi kemudian lanjut beralih menjadi seorang konsumen. Memasuki tahun 1909 Lewis terus mengembangkan strategi tersebut dan berhasil menarik minat, perhatian, hingga meyakinkan calon konsumen.
Karena keberhasilan strategi buatan Lewis, kemudian strategi AIDA pun diterapkan oleh para pelaku bisnis di seluruh dunia.