fbpx

Marketing Funnel Adalah Konsep Marketing Mutakhir, Benarkah?

adminproj

marketing funnel adalah

Apakah Anda pernah mendengar istilah marketing funnel? Marketing funnel adalah suatu konsep yang cukup umum diterapkan di dunia pemasaran. Konsep marketing ini menggambarkan sebuah perjalanan yang harus dilalui oleh seorang pembeli. Perjalanan ini dimulai dari awal ketika ia belum mengenali suatu produk hingga pada akhirnya ia menjadi pelanggan untuk produk tersebut.

Bagi seorang pebisnis atau marketer, marketing funnel pastinya adalah konsep yang sangat penting. Konsep tersebut bisa dijabarkan lebih luas lagi untuk memahami bagaimana seorang calon konsumen yang masih awam akhirnya bisa menjadi pelanggan setia Anda. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai marketing funnel, simak ulasan berikut ini.

Mengapa Disebut Marketing Funnel?

Marketing funnel terbagi menjadi 5 tahapan, yaitu awareness (kesadaran), interest (minat), consideration (pertimbangan), decision (keputusan), dan action (tindakan). Tahapan tersebut adalah gambaran bagaimana seorang pembeli yang awalnya tidak tahu menahu mengenai keberadaan suatu barang, hingga akhirnya aware akan keberadaan barang tersebut. Selanjutnya ia memiliki minat, pertimbangan, mengambil keputusan, dan kemudian melakukan tindakan berupa pembelian.

Tentu saja, untuk membuat calon pembeli beranjak dari satu tahapan ke tahapan lainnya bukan hal yang mudah. Ketika Anda pada awalnya menerapkan teknik marketing ini pada 1000 orang, misalnya. Maka, jumlah tersebut akan berkurang dari satu tahapan ke tahapan yang lain. Jumlah yang akhirnya membeli barang Anda juga akan jauh lebih sedikit.

Nah, pengerucutan jumlah orang dari calon pembeli ke pelanggan atau pembeli yang sesungguhnya itu, apabila digambarkan, maka bentuknya akan mirip dengan funnel atau corong. Dengan kata lain, marketing funnel adalah sebuah teknik marketing yang memiliki kesadaran atas berkurangnya jumlah pembeli jika dibandingkan dengan jumlah orang yang menjadi subyek marketing tersebut. Tugas seorang pebisnis atau marketer tentunya adalah berusaha agar pengurangan jumlah tersebut tidak terlalu signifikan.

Apa Sajakah Tujuan Marketing Funnel?

Seperti yang sudah diketahui di atas, ruang lingkup marketing funnel cukup luas mencakup semua tahapan yang dilalui oleh pembeli. Oleh sebab itu, tujuan utama dari penerapan konsep ini tentu saja untuk mengoptimalkan setiap tahapan yang dilalui calon pembeli atau pembeli hingga akhirnya mau menjadi pelanggan setia.

Pengoptimalan setiap tahapan tentunya bervariasi tergantung pada banyak faktor. Faktor-faktor tersebut misalnya adalah jenis produk yang dijual, target konsumen, dan masih banyak lagi. Apabila Anda mampu untuk mengoptimalkan semua tahapan dengan baik, tentunya Anda akan bisa memperoleh banyak pelanggan setia. Namun jika tidak, maka ujung dari funnel atau corong Anda nantinya akan benar-benar mengerucut.

Walaupun bisa diterapkan pada bisnis dalam kondisi apapun, marketing funnel ini memang sangat cocok untuk bisnis yang relatif baru. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikannya apabila bisnis Anda saat ini sedang mengeluarkan produk atau jasa yang baru. Dengan demikian, pengoptimalan strategi marketing bisa dilakukan sejak awal. Oleh sebab itu, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa marketing funnel adalah konsep marketing yang mutakhir dan menyeluruh untuk meningkatkan jumlah pelanggan setia.

Bagikan:

adminproj

Saya adalah seorang digital marketer, SEO specialist dan Meta Ads Specialist di salah satu perusahaan pengembang software di Temanggung Jawa Tengah. Sebelumnya pernah mengajar di sekolah swasta dan bimbingan belajar di Pondok Indah Jakarta Selatan, yang menambah pengalaman saya dalam menyampaikan materi dalam proses mengajar dan training

Leave a Comment