Proses Penerapan Strategi AIDA
Konsep strategi AIDA ala Lewis sebenarnya merupakan konsep strategi marketing dasar yang biasa dilakukan dalam berbisnis, namun penerapannya memang terus dimodifikasi, dikombinasikan dengan berbagai strategi modern lainnya. Lantas, seperti apa proses penerapan strategi AIDA tersebut?
1. Attention
Langkah awal dari strategi ini adalah mendapatkan perhatian dari calon konsumen, membuat mereka tahu bahwa layanan atau produk yang anda tawarkan itu ada. Demi mendapatkan perhatian tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara beriklan, seperti pemasangan billboard, spanduk, atau endorsement lewat sosial media seperti di zaman sekarang.
2. Interest
Setelah menyebarkan informasi terkait jasa atau produk anda, langkah strategi marketing AIDAselanjutnya adalah membangkitkan minat calon konsumen berdasarkan hasil analisa keberhasilan menyebarkan informasi. Di tahap ini, pebisnis mulai gencar menonjolkan keunggulan apa yang ditawarkan dari produk atau jasa tersebut kepada publik, usahakan tonjolkan apa yang diperlukan oleh konsumen.