Strategi marketing adalah salah satu cara yang dilakukan oleh para pengusaha untuk menjalankan bisnis yang sukses. Dengan menerapkan strategi marketing yang tepat, mereka bisa meningkatkan angka penjualan sekaligus memberikan kepuasan kepada konsumen. Untuk lebih jelasnya, simak pengertian, fungsi, serta elemen strategi marketing lewat ulasan di bawah ini.
Pengertian Strategi Marketing
Strategi marketing atau strategi pemasaran merupakan langkah yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Misalnya, agar produk yang dijual bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain menarik konsumen untuk memasukkan produk ke dalam keranjang, strategi marketing juga memastikan konsumen mengulangi pembelian.
Dengan kata lain, strategi marketing dirancang untuk mempromosikan produk atau jasa sehingga menghasilkan keuntungan bisnis yang diharapkan.
Fungsi Strategi Marketing
Penerapan strategi marketing memiliki sejumlah fungsi yang berdampak positif pada bisnis. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.
1. Sebagai Tolok Ukur Kesuksesan Bisnis
Strategi marketing yang direncanakan dengan matang akan membantu perusahaan dalam mengukur keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, menentukan langkah-langkah spesifik dalam perencanaan strategi marketing bisnis adalah hal yang tidak boleh terlewatkan.
2. Pedoman Pemasaran Produk Atau Jasa
Strategi marketing berfungsi sebagai pedoman dalam proses pemasaran produk atau jasa. Tujuannya agar konsumen lebih mengenali produk atau jasa tersebut dan terjadi konversi.
3. Alat Kontrol Untuk Mengawasi Jalannya Bisnis
Strategi marketing juga berfungsi untuk mengawasi jalannya bisnis. Mulai dari membantu tim marketing dalam mencapai target bisnis hingga mengontrol setiap tindakan perusahaan agar selalu konsisten.
4. Mengoptimalkan Motivasi Dalam Pengembangan Bisnis
Dalam pengembangan bisnis, fungsistrategi marketing adalah meningkatkan motivasi untuk menarik lebih banyak konsumen. Artinya, pengusaha harus mengidentifikasi peluang yang ada dan tidak boleh hanya berpatokan pada permintaan pasar.
5. Standar Untuk Mengevaluasi Kinerja Karyawan
Strategi marketing dapat mempermudah perusahaan dalam mengevaluasi kinerja karyawan. Hasil evaluasi tersebut nantinya bisa digunakan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang ditemukan. Dengan demikian, kerja sama antar karyawan bisa lebih terarah dan efektif.
Elemen Strategi Marketing
Terdapat tujuh elemen yang perlu diperhatikan dalam membangun strategi marketing bisnis diantaranya:
1. Product
Perusahaan menetapkan strategi pemasaran melalui kualitas visual pengemasan produk yang ditawarkan.
2. Price
Perusahaan menetapkan harga jual produk yang mengacu pada kondisi pasar, potongan harga, kredit, dan metode pembayaran.
3. Place
Perusahaan mempertimbangkan keterjangkauan dan kemudahan akses produk agar mudah ditemukan oleh konsumen.
4. Promotion
Perusahaan melakukan berbagai kegiatan untuk menambah relasi, iklan dan sponsor untuk meningkatkan angka penjualan.
5. People
Perusahaan memiliki sumber daya manusia atau tim marketing yang kompeten untuk membantu dalam pengembangan bisnis.
6. Process
Perusahaan memiliki alur kegiatan yang memastikan layanan atau produk sampai ke konsumen dengan efisien dan konsisten.
7. Physical Evidence
Perusahaan memiliki bukti fisik mencakup elemen nyata yang mencerminkan kualitas layanan atau produk di mata konsumen.
Penutup
Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi marketing adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, perlu dilakukan perencanaan strategi marketing yang sesuai dengan tujuan perusahaan.