Pemasaran menggunakan media sosial punya peran penting yang tak boleh dilewatkan oleh perusahaan. Media sosial yang punya jangkauan konsumen luas berpeluang mendatangkan konsumen tak hanya lokal, namun hingga mancanegara. Untuk berhasil melakukannya, aneka strategi content marketing perlu dicoba. Lalu, apa sajakah strategi pemasaran lewat konten yang bisa dilakukan?
Konten Viral Membuka Peluang Besar
Proses penyebaran informasi masa kini telah bergeser dari sebelumnya melalui radio atau televisi, sekarang melalui media sosial. Memang faktanya, hampir semua orang punya setidaknya satu akun pada satu platform media sosial yang penyebaran informasinya lebih cepat dan masif.
Dengan kelebihannya tersebut membuka peluang besar bagi perusahaan untuk makin gencar memasarkan produk atau jasanya melalui berbagai konten menarik yang relevan bagi konsumen.
Konten yang berhasil viral ini telah terbukti mampu meningkatkan penjualan berkat jangkauan konsumennya yang begitu luas, juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.
Bagaimana Cara Memulai Pemasaran Via Konten?
Bagaimanakah strategi marketing menggunakan media sosial ini? Apakah mudah? Faktanya, pemasaran via media sosial pun tak mudah, butuh berbagai strategi cerdas dalam bersaing dengan pelaku bisnis sejenis ditambah lagi algoritma media sosial yang mudah berubah dari waktu ke waktu. Berikut ini cara-cara memulai strategi content marketing bagi perusahaan :
1. Buat akun bisnis
Langkah paling awal adalah anda harus mendaftarkan akun khusus bisnis. Akun ini berbeda dari akun pribadi, sebab developer akan menyuguhkan data insight dari konten yang diunggah. Data tersebut dapat perusahaan gunakan untuk analisa dan evaluasi konten mendatang.
2. Atur segmentasi konsumen
Selanjutnya, pada bagian pengaturan juga penting untuk menentukan siapa segmentasi audiens yang dituju. Biasanya developer meminta anda mengisi dari rentang usia, jenis kelamin, hingga wilayah.
3. Isi profil akun
Jadikanlah akun media sosial sebagai wadah perkenalan dengan konsumen, caranya yakni mengisi setiap bagian profil akun, mulai dari nama perusahaan, foto profil, tautan, lokasi, narahubung, dan sebagainya.
4. Rancang konten
Kemudian tim marketing dan sosial media merancang aneka konten terkait produk yang diyakini dapat viral dan relevan dengan konsumen. Perancangan konten ini bisa dibuat dalam bentuk jadwal agar lebih terstruktur.
5. Perhatikan kualitas visual
Media sosial sangat mementingkan kualitas visual yang tersaji. Maka dari itu, usahakan selalu mengunggah konten pemasaran dengan visual menggugah ketertarikan konsumen, baik dari segi warna, tata letak, pemilihan huruf.
6. Kolaborasi konten
Strategi lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan kolaborasi konten bersama kreator hebat yang punya niche serupa dengan yang sedang anda promosikan. Tak perlu sekelas selebriti, sekarang para micro-influencer juga punya pengaruh besar dalam mempengaruhi konsumen.
Kesimpulan
Itulah keenam dasar strategi content marketing lewat media sosial yang perlu anda ketahui. Hasilnya memang tak bisa instan, akan tetapi berkat konsistensi dan usaha kuat tentunya pemasaran ini dapat membuahkan hasil.