Dalam sebuah bisnis, meningkatkan keuntungan secara maksimal bisa dilakukan dengan menentukan strategi pemasaran atau marketing yang tepat. Sebab,kesalahan dalam merencanakan strategi pemasaran akan membuat bisnis menjadi terhambat dan tidak terarah. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah terapkan contoh strategi marketing yang efektif untuk bisnis di bawah ini.
1. Membuat Website Bisnis

Contoh strategi pemasaran yang pertama adalah dengan membuat website bisnis. Dengan adanya website bisnis, calon pelanggan potensial akan lebih mudah menemukan bisnis Anda melalui laman internet.
Website bisnis juga menjadi salah satu kriteria yang menentukan kredibilitas sebuah brand bisnis. Hal ini tentu sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan dan mendatangkan konversi.
2. Pemasaran Lewat Media Sosial
Selain menggunakan website bisnis, pemasaran juga bisa dilakukan lewat media sosial. Strategi marketing ini sudah banyak diaplikasikan oleh banyak pebisnis. Mengingat, lebih dari 2 miliar orang di dunia aktif menggunakan media sosial.
Memasarkan produk lewat media sosial terbilang mudah dan murah. Caranya melakukan promosi produk melalui berbagai media sosial populer seperti Instagram, X, atau Facebook.
3. Menggunakan Iklan Berbayar

Penggunaan iklan berbayar juga termasuk contoh strategi pemasaran yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Iklan berbayar mengharuskan perusahaan membayar penyedia ruang iklan untuk menampilkan produknya di media tertentu. Harga yang dibayarkan biasanya ditentukan melalui proses negosiasi antara tim marketing perusahaan dan penyedia ruang iklan.
Menggunakan iklan berbayar dinilai dapat mempermudah penjualan produk karena menjangkau masyarakat dengan skala yang lebih luas.
4. Memanfaatkan Affiliate Marketing
Contoh strategi marketing yang efektif untuk bisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan affiliate marketing. Yaitu, dengan memberikan kompensasi berupa insentif kepada pelanggan yang melakukan pembelian produk dan merekomendasikannya kepada orang lain.
Adapun insentif yang diberikan tidak selalu berbentuk uang, melainkan bisa berupa potongan harga atau hadiah produk menarik lainnya. Affiliate marketing bisa meningkatkan penjualan karena testimoni pelanggan bisa meyakinkan orang lain untuk membeli produk tersebut.
5. Membangun Loyalitas Pelanggan
Membangun loyalitas pelanggan akan mendorong perkembangan bisnis secara signifikan. Maka dari itu, perusahaan harus memastikan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Misalnya dengan memberikan bonus kepada pelanggan yang memberikan kepercayaan terhadap sebuah produk.
Dengan demikian, pelanggan akan merasa dihargai dan tidak ragu untuk kembali membeli produk tersebut.
6. Menggunakan Strategi Word Of Mouth
Contoh strategi pemasaran yang terakhir adalah dengan menerapkan pembicaraan produk dari mulut ke mulut atau word of mouth. Strategi pemasaran word of mouth bisa dilakukan secara gratis di berbagai macam platform, mulai dari radio, televisi, live media sosial dan masih banyak lagi.
Itulah beberapa contoh strategi marketing yang efektif untuk bisnis. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang baru saja memulai usaha di tengah tingginya persaingan bisnis saat ini.