1.2. Cara mengenali dan menargetkan audiens yang tepat
Untuk mengenali audiens yang tepat, Anda bisa mulai dengan menganalisis data demografis dan psikografis. Demografi mencakup usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, dan pendidikan, sedangkan psikografi melibatkan minat, nilai, gaya hidup, dan perilaku. Alat seperti Facebook Audience Insights dapat membantu dalam proses ini. Setelah itu, segmentasikan audiens Anda dan buat persona pengguna yang detail. Dengan cara ini, Anda dapat menyusun pesan yang lebih spesifik dan menyasar segmen yang paling potensial untuk iklan Anda.
2. Fokus pada Manfaat, Bukan Fitur
2.1. Perbedaan antara fitur dan manfaat
Fitur adalah deskripsi dari apa yang produk Anda miliki atau lakukan, sementara manfaat menjelaskan bagaimana produk tersebut dapat membantu atau memberikan solusi bagi pengguna. Misalnya, fitur dari sebuah kursus online bisa berupa “25 video pelatihan,” tetapi manfaatnya adalah “Meningkatkan keterampilan Anda dalam waktu singkat.”
2.2. Contoh penulisan yang lebih fokus pada manfaat

Daripada menulis, “Tas trendi ukuran besar 30cm x 40cm x 10cm,” lebih baik tulis, “Tas Muat Laptop Hingga 14 Inch.” Dengan menekankan manfaat, Anda menjawab pertanyaan utama yang dimiliki oleh audiens: “Apa untungnya bagi saya?”.