Kenapa FB Ads tidak jalan ya? Masalah umum ini sering ditanyakan oleh advertiser pemula. Pasalnya mereka merasa sudah setting iklan dengan benar, iklan sudah disetujui tapi konten iklan belum mendapatkan impresi sama sekali. Ada beberapa penyebab hal itu bisa terjadi, beberapa diantaranya bahkan saya bisa sebut bukan penyebab tapi bikin seolah-olah iklan seperti tidak jalan padahal status iklan aktif. Ini dia 9 penyebab dan solusinya.
1. Pengaturan Waktu Laporan Iklan
Sebelum menyimpulkan iklan tidak jalan, sebaiknya cek dulu pengaturan rentang waktu pada dashboard ads manager anda. Boleh jadi, tanggal yang dipilih bukan tanggal saat ini, tapi tanggal ketika tidak ada penayangan iklan. Sehingga seolah-olah iklan tidak jalan, padahal tidak demikian. Masalah ini adalah masalah yang sepele namun banyak advertiser pemula tidak jeli.
Solusi 1
Tinggal pilih rentang tanggal yang valid, atau bisa langsung pilih hari ini, untuk mengecek apakah iklan anda mendapat impresi atau tidak
2. Baru Pertama Kali Iklan
Pada kasus pengiklan baru pertama kali setup iklan di dashboard meta ads manager, boleh jadi karena metriknya masih mengalami keterlambatan dalam pelaporan hasil iklan. Meskipun kasus ini sangat jarang, bukan tidak mungkin hal ini akan terjadi pada iklan anda.
Solusi 2
Masalah ini sebenarnya tidak perlu diatasi, cukup tunggu beberapa saat, bisa 5 – 30 menit, biasanya akan muncul laporan iklan, termasuk berapa impresi, jangkauan, bahkan hasil iklannya.
3. Iklan Masih Dalam Tahap Peninjauan / Review
Setiap iklan yang akan ditayangkan di platform Meta (facebook atau instagram) harus melewati masa peninjauan. Masa peninjauan ini kadang cepat kadang juga butuh seharian penuh, tidak ada yang tahu durasi review iklan, sebelum iklan dinyatakan lolos dan layak tayang. Bisa jadi pada tahap ini, iklan anda tidak disetujui oleh Meta sehingga iklan tidak mungkin bisa ditayangkan.
Solusi 3
Selama masa review / peninjauan, tidak ada yang bisa dilakukan, cukup tunggu sampai iklan disetujui penayangannya. Jika iklan ditolak, bisa lakukan perbaikan iklan sesuai standar kebijakan meta.
4. Saldo Iklan Habis
Jika iklan anda menggunakan metode pembayaran topup saldo (biasanya ini untuk akun iklan fb ads personal, bukan business manager), pastikan saldo iklan masih ada. Habisnya dana iklan akan secara otomatis menghentikan iklan sekaligus menjawab pertanyaan kenapa fb ads tidak jalan.
Solusi 4
Silahkan lakukan topup saldo iklan. Sangat disarankan untuk melakukan topup setidaknya untuk 3 kali dari budget iklan harian. Atau jika budget harian iklan sudah menyentuh Rp500 ribu, disarankan menggunakan metode pembayaran yang lain, misal pakai Credit Card atau kartu debit yang menyediakan Virtual Credit Card (VCC) seperti Jenius, Bank Jago, Debit BNI dan lain-lain.
5. Tagihan Iklan Belum Dibayar
Jika iklan anda dibayar dengan metode Credit Card, maka ada 2 kemungkinan kenapa fb ads tidak jalan. Yang pertama bisa karena pembatasan threshold budget iklan, atau karena kena batas tanggal pembayaran tagihan iklan bulanan. Ilustrasinya lihat gambar di bawah ini.
Jadi Meta melakukan penagihan pembayaran melalui salah satu dari 2 kondisi. Jika ambang batas pengeluaran total iklan sudah mencapai threshold (sebelah kiri) dan atau batas tanggal pembayaran sudah sampai (sebelah kanan) meskipun belum mencapai threshold. Nah, jika tagihan iklan belum dibayar, iklan akan otomatis berhenti (tidak jalan jika setup iklan baru).
Solusi 5
Tidak ada cara lain selain membayar tagihan iklan. Setelah tagihan terbayar, iklan anda akan otomatis jalan lagi. Dan tolong jangan pernah tidak membayar biaya iklan, ini sangat tidak disarankan demi keberkahan bisnis teman-teman semua.
6. Gagal Bayar Tagihan Iklan
Masalah nomor 6 ini saya sering juga mengalami. Tiba-tiba ketika sudah jadwalnya membayar tagihan iklan, entah karena batas penggunaan budget (threshold) maupun batas waktu, tiba-tiba VCC saya tidak bisa digunakan untuk membayar. Hal ini menyebabkan iklan otomatis akan terhenti.
Solusi 6
Coba ganti dengan VCC lain, dan lakukan pembayaran. Khusus di Bank Jago dan BNI, anda bisa mendapatkan VCC baru tanpa harus buka rekening baru. Contoh pada gambar di bawah, ketika gagal bayar di baris bawah dengan VCC lama, dan ketika berhasil bayar setelah ganti VCC di baris atas.
7. Iklan Tiba-Tiba Ditangguhkan Oleh Meta Karena Review Manual
Pernah juga kejadian beberapa hari iklan jalan dengan normal, tiba-tiba iklan ditangguhkan oleh Meta. Besar kemungkinan, iklan ini sebenarnya terdapat pelanggaran kebijakan konten, namun lolos review otomatis. Kemudian ketika dilakukan pengecekan / review manual oleh petugas Meta, didapati konten iklan memang terdapat pelanggaran ketentuan. Syarat dan ketentuan konten iklan bisa di baca di sini.
Solusi 7
Ada 2 cara. Pertama ajukan banding jika memang dari awal konten iklan memang tidak melanggar kebijakan iklan Meta. Namun, jika tidak kunjung disetujui, maka cara kedua silahkan ubah konten iklan sehingga tidak dianggap melanggar ketentuan. contoh mengganti konten seperti gambar di bawah ini. Saya hilangkan gambar uang pada ad creative kiri menjadi ad creative kanan.
8. Volume Audience Terlalu Kecil
Oke, di atas itu adalah beberapa penyebab sepele kenapa fb ads tidak jalan. Nah mulai poin ini, boleh saya bilang penyebabnya cukup kompleks, yaitu volume audience terlalu kecil. Ini disebabkan advertiser terlalu banyak melakukan menyempitan audience (narrowing interest), sehingga audience terlalu spesifik yang menyulitkan mesin AI Meta menyajikan iklan. Seperti gambar di bawah ini.
Solusi 8
Bisa dengan mengurangi narrow audience, cukup maksimal lakukan narrowing 1 kali saja. Pastikan volume audience berada di angka setidaknya 500 ribu orang jika memang segmen marketnya spesifik.
9. Nilai Bidding CPRnya Terlalu Rendah
Yang terakhir, ini biasanya berlaku bukan bagi advertiser pemula. Beberapa advertiser yang ingin mengontrol hasil iklan, akan melakukan optimalisasi budget iklan dengan menyesuaikan harga CPR (cost per result). Sayangnya mereka memasukkan nilai bidding yang terlalu kecil dibandingkan dengan nilai normalnya, sehingga harga iklan yang sanggup dibayar oleh pengiklan kalah jauh dibandingkan dengan pengiklan kompetitor.
Ini menyebabkan iklan akan sulit diprioritasnya untuk ditayangkan, karena Meta lebih memprioritaskan iklan milik kompetitor yang lebih berani memasang harga bayar iklan lebih tinggi. Sebenarnya iklan fb ads aktif tapi tidak jalan aja, karena delivery iklannya sangat lambat, hampir-hampir seperti tidak jalan, tidak mendapatkan jangkauan pemirsa.
Solusi 9
Coba naikkan harga bidding CPR secara perlahan (10-20% saja) dan lihat dampak terhadap performa impresi maupun hasil iklan. Jika belum sesuai dengan harapan bisa dinaikkan lagi, jika sudah sesuai maka dibiarkan sampai iklan mengalami hal serupa lagi untuk dinaikkan kembali nilai bidding CPRnya.
Kesimpulan
Penyebab kenapa fb ads tidak jalan ada beberapa faktor. Dari yang masalah sepele seperti setup tanggal laporan iklan di dashboard Meta Ads Manager yang tidak sesuai, masalah pembayaran, konten ditolak hingga masalah penentuan bidding CPA yang terlalu rendah. Semuanya itu perlu anda cek satu-satu dengan jeli agar iklan anda tetap bisa jalan dan produkmu bisa dilihat oleh banyak orang.