Berapa CTR Yang Bagus FB Ads Dan Cara Meningkatkan Nilainya

Bagi anda yang sudah terbiasa beriklan di facebook, nilai CTR yang bagus fb ads anda dipengaruhi oleh berbagai faktor. Nilai CTR semakin tinggi artinya kampanye iklan anda semakin baik performanya. Dan secara langsung akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan anda melalui fb ads. Berapa besaran CTR yang bagus itu? Dan bagaimana cara mendapatkan nilai CTR yang tinggi? Berikut pemaparannya.

Apa itu CTR?

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate atau rasio klik terhadap penayangan iklan. Secara mudahnya, cara menghitung nilai CTR ini adalah jumlah klik dibagi dengan jumlah tayangan iklan. Nilainya biasanya direpresentasikan dengan persen (%). Semakin tinggi persentase CTR ini maka iklan anda semakin baik performanya.

2 Tipe Dan Fungsi CTR Pada Iklan FB Ads

2 tipe dan fungsi ctr pada fb ads

Ada 2 tipe CTR pada FB Ads dan masing-masing memiliki kegunaannya.

1. CTR (All)

CTR (all) ini adalah perbandingan antara jumlah klik semua terhadap jumlah tayangan iklan. Yang dimaksud dengan jumlah klik semua adalah semua klik yang terjadi pada konten iklan. Klik ini berarti termasuk di dalamnya berupa klik like, share, read more, swipe (geser) gambar carousel, klik link, klik button CTA, bahkan klik pada nama halaman facebook yang anda gunakan untuk beriklan, intinya semua klik pada konten iklan.

Karena parameter ini mengukur interaksi klik pada konten, maka CTR (all) berfungsi untuk mengetahui keminatan target audience iklan dengan materi iklan yang ditayangkan. Dengan kata lain, CTR (all) ini mengukur kecocokan antara produk atau jasa yang ditayangkan dengan audience yang ditarget.

2. CTR (Link Click Through)

Khusus untuk CTR (link click through) ini, yang selanjutnya akan disebut CTR aja, pengukurannya lebih khusus pada rasio antara jumlah klik link terhadap jumlah tayangan iklan.

Karena parameter ini mengukur klik link, maka CTR berfungsi untuk mengetahui rasio audience yang berminat dengan produk (atau setidaknya sudah memiliki kesadaran produk) terhadap produk yang diiklankan.

Berapa Nilai CTR Yang Bagus di FB Ads?

Untuk CTR (all), kebanyakan advertiser mematok nilai 5% sebagai nilai yang bagus. Ini dikarenakan CTR (all) hanya mengukur kecocokan target audience dengan materi iklan, tidak sampai pengukuran kesadaran merk atau produk.

Berbeda dengan CTR, nilai yang bagus berkesar di angka 2%. Mengapa nilainya lebih rendah dibanding CTR (all)? Hal ini bisa dipahami karena klik link lebih bernilai dibanding klik yang lain. Klik link hanya akan dilakukan oleh orang yang sudah sadar merk atau produk yang masuk pada tahap pertama customer journey.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi CTR Yang Bagus FB Ads

Click-Through Rate (CTR) adalah salah satu indikator kunci dalam kesuksesan kampanye Facebook Ads. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi nilai CTR yang bagus di FB Ads beserta cara meningkatkan nilainya:

1. Relevansi Iklan dengan Target Audience

Untuk meningkatkan relevansi iklan dengan target audience, bisa dilakukan dengan cara:

  1. Lakukan riset menyeluruh tentang profil target audiens, termasuk preferensi, demografi, minat, dan perilaku mereka.
  2. Gunakan opsi targeting yang disediakan oleh Facebook Ads Manager untuk mencapai audiens yang paling relevan dengan konten iklan.

2. Kualitas dan Daya Tarik Iklan

Konten iklan (ad copy) juga berpengaruh signifikan pada peningkatan nilai CTR. Anda bisa lakukan cara ini:

  1. Desain iklan yang menarik dan profesional akan menarik perhatian pengguna dan meningkatkan kemungkinan klik.
  2. Pastikan pesan iklan Anda mudah dipahami dan memiliki nilai tambah yang jelas bagi audiens.
  3. Hindari teks yang terlalu panjang dan sederhanakan visual iklan untuk membuatnya lebih menarik.
  4. Jika memungkinkan, anda bisa membuat iklan dalam bentuk video agar iklan anda lebih menarik karena memuat unsur cerita atau edukasi produk.

3. Call-to-Action (CTA) yang Mengundang Klik

Call to action (CTA) adalah ajakan dari sebuah iklan. Usahakan anda membuat ajakan yang lebih menggugah orang untuk mengklik link iklan anda. Lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Memasukkan CTA yang kuat dan mengundang tindakan dapat mendorong pengguna untuk mengambil langkah lebih lanjut, seperti mengklik tautan atau melakukan pembelian.
  2. Pilih CTA yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar Sekarang,” “Pelajari Lebih Lanjut,” dan sebagainya.
  3. Untuk menguatkan CTA, anda bisa gunakan bantuan testimoni pelanggan terdahulu, agar calon customer anda merasa yakin dengan produk atau jasa anda.

4. Lakukan Pengujian Pada Beberapa Materi Iklan Sekaligus

Terkadang suatu materi iklan bisa dinilai cukup menarik dalam pandangan pengiklan, akan tetapi respon pasar bisa berkata lain. Oleh karena itu siapkan materi iklan dengan berbagai pilihan, baik jenisnya maupun copywritingnya, untuk diuji mana yang memiliki performa lebih baik.

Kesimpulan

Nilai CTR yang bagus FB Ads anda akan menentukan tingkat keberhasilan kampanye iklan anda. Dengan menggabungkan faktor-faktor di atas dengan strategi periklanan yang tepat akan membantu Anda meningkatkan CTR di kampanye Facebook Ads. Perlu diingat bahwa mengoptimalkan CTR saja tidak cukup, pastikan Anda juga memiliki halaman tujuan (landing page) yang relevan dan menarik, sehingga pengalaman pengguna setelah mengklik iklan tetap positif dan mengarah ke konversi yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *